Demonstrasi Konstektual Modul 2.2.a.7. Pembelajaran Sosial dan Emosional

Demonstrasi Konstektual Modul 2.2.a.7. Pembelajaran Sosial dan Emosional

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

RPP KSE Kelas 6 SD


Pembelajaran Sosial dan Emosional yang ditujukan untuk jenjang pendidikan usia dini hingga menengah ini dikembangkan pada tahun 1994 oleh sekelompok pendidik, peneliti, dan pendamping anak (salah satunya adalah Psikolog Daniel Goleman, pencetus teori Kecerdasan Emosi).  Kerangka Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis penelitian ini bertujuan untuk mendorong perkembangan anak secara positif dengan program yang terkoordinasi secara lebih baik antara berbagai pihak dalam komunitas sekolah.

Pembelajaran Sosial dan Emosional

  1. memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri)
  2. menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)
  3. merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)
  4. membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi)
  5. membuat keputusan yang bertanggung jawab.  (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Pendekatan SEL yang efektif seringkali menggabungkan empat elemen yang diwakili oleh akronim SAFE (https://casel.org/what-is-sel/approaches/):

  • Sequential/berurutan:   Aktivitas yang terhubung dan terkoordinasi untuk mendorong pengembangan keterampilan
  • Active/aktif: bentuk Pembelajaran Aktif yang melibatkan murid untuk menguasai keterampilan dan sikap baru
  • Focused/fokus: ada unsur pengembangan keterampilan sosial maupun  personal
  • Explicit/eksplisit: tertuju pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional tertentu secara eksplisit.

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE)  dapat dilakukan dengan 4 cara:

  1. Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE)  secara spesifik dan eksplisit
  2. Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid
  3. Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid
  4. Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.

Tugas: 

menerapkan pembelajaran sosial dan emosional  berbasis kesadaran penuh dalam mata pelajaran yang  diampu.

Langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Pilihlah satu RPP mata pelajaran yang sudah Anda susun sebelumnya di sekolah

Tentukan kompetensi sosial - emosional  (KSE) berbasis kesadaran penuh yang akan Anda integrasikan  dalam RPP tersebut

Tentukan teknik atau bentuk kegiatan yang menurut Anda dapat mengembangkan kompetensi sosial-emosional yang Anda pilih pada no 2. dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang Anda ampu. Anda dapat menggunakan contoh pembelajaran sosial emosional yang sudah Anda susun dalam ruang kolaborasi atau ide pembelajaran sosial emosional lainnya.

Tuliskan : Kompetensi Sosial dan Emosional, apa yang akan dilakukan oleh guru, apa yang dikatakan guru, dan lampirkan  lembar refleksi diri,  lembar observasi, atau daftar periksa dalam RPP tersebut.

Berikut ini kami bagikan contoh pembuatan RPP yang didalamnya terdapat Pembelajaran Sosial Emosional(PSE) siswa kelas 6 SD Kurikulum 2013.Bapak/ibu guru bisa mengunduh RPP sebagai referensi dalam pembuatan tugas demonstrasi kontekstual modul 2.2.a.7 yang ada di MLS.

Silahkan Unduh Di Sini

Demikian materi seputar pembuatan RPP yang menerapkan konsep PSE untuk siswa kelas 6 SD KK 2013.Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Demonstrasi Konstektual Modul 2.2.a.7. Pembelajaran Sosial dan Emosional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel